Meng-install Windows 8 Tanpa Product Key

Windows 8 memiliki 3 edisi yaitu Windows 8 Core, Professional, dan Enterprise. Bagi pengguna yang memiliki salah satu image (ISO) Windows 8 salah satu edisi, Anda dapat mengubahnya menjadi installer universal dimana pada saat proses instalasi Anda dapat memilih edisi Windows 8 yang ingin di-install. Keuntungannya, Anda juga dapat mem-bypass langkah dimana Anda harus memasukkan product key.

1. Boot ISO Windows 8 dengan program pembaca image (misalnya Daemon Tools Lite), lalu salinlah seluruh isi dari image ISO (atau mengopinya dari DVD) ke sembarang folder lain di hard disk Anda. Misalnya ke folder D:\Windows8\
2. Buka Notepad, salinlah teks berikut ke dalam Notepad, kemudian simpan dengan nama file “ei.cfg” (tanpa tanda kutip).

[Channel]
Retail

[VL]
0

3. Pindahkan file ei.cfg ke subfolder \Sources\ yang berada di dalam folder yang telah dibuat tadi. Misalnya, folder D:\Windows8\Sources\
4. Burn isi folder yang telah berisi file ei.cfg tadi menjadi ISO baru, atau bakar ke DVD. Agar mudah membuatnya menjadi image yang bootable, saya rekomendasikan menggunakan bantuan program seperti ImgBurn.

Menambahkan file ei.cfg dengan bagian [Channel] pada subfolder \Sources\ akan mengaktivasi layar dimana Anda dapat memilih edisi Windows 8 yang ingin di-install, kemudian menanyakan product key pada bagian akhir instalasi, namun dapat di-bypass dengan opsi “Skip“. Jika Anda menekan Skip, instalasi akan meng-install Windows 8 dengan default product key (product key untuk menginstalasi Windows). Perlu diingat, default product key ini hanya untuk menginstalasi Windows,bukan untuk mengaktivasinya. Anda tetap perlu membeli lisensi Windows 8 yang asli untuk dapat mengaktivasinya secara permanen.

Ketika Anda telah menciptakan ISO dan membakarnya ke DVD, lakukan instalasi booting dari DVD itu. Ketika Anda sampai pada layar product key, tekan Skip dan Anda dapat memilih Windows 8 sesuai edisi yang diinginkan.

Comments

Popular posts from this blog

PROSEDUR PERAWATAN PRINTER

Tips Memperbaiki Windows 7 Tanpa Install Ulang

Kumpulan Trik Facebook Terbaru Super Keren